0

Eselon III dan IV STAIN Sorong siap dipangkas ??

Pidato pelantikan Presiden Jokowi – Ma’aruf Amin, menyampaikan terkait perampingan dan penyederhanaan pejabat eselon pada kementerian/lembaga (K/L). Ia menginginkan jabatan eselon hanya ada dua tingkatan saja. “Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja,” tegas Jokowi dalam pidato pelantikannya di Gedung MPR, Jakarta pada hari Minggu tanggal 20 Oktober 2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang baru dilantik Tjahjo Kumolo berjanji akan menerapkan tahun depan bahwa tidak akan ada lagi jabatan eselon III dan IV serta menjadi contoh bagi K/L lainnya. Tjahjo memastikan, walaupun tidak lagi ada eselon III dan IV, para PNS yang berada di jabatan tersebut tidak berkurang pendapatannya. “Secara prinsip yang terima penghasilan itu, tidak akan kita kurangi dan akan ditata,” ungkap Tjahjo yang dikutip dalam website berita CNBC Indonesia tanggal 30 Oktober 2019.

Dalam lingkup Kementerian Agama Republik Indonesia, dibawah naungan Ditjen Pendidikan Islam, STAIN Sorong memiliki satu jabatan eselon III dan tiga jabatan eselon IV. Menurut Radiah Sahid, S.E. selaku Pejabat Eselon IV sebagai Kepala Subbidang Perencana Keuangan dan Akuntansi, bahwa pejabat eselon III dan IV di STAIN Sorong memegang peranan penting selaku pemangku kebijakan dan bertanggung jawab atas jabatan yang ada. Pegawai ASN tidak bisa langsung memasuki jabatan fungsional karena membutuhkan orientasi, kapasitas dan ilmu yang khusus sesuai dengan jabatan yang diisi. Jika memang rencana pemangkasan eselon III dan IV pada STAIN Sorong terealisasi maka diharapkan segala kebijakan dalam pelaksanaan kegiatan operasional kampus tidak terpengaruh dan tetap berjalan optimal.

Upacara Bendera ASN STAIN Sorong (foto : FB TIPD STAIN Sorong)

Dengan adanya perampingan pejabat eselon ini, STAIN Sorong selalu siap untuk melalukan penyesuaian terhadap segala bentuk kebijakan pemerintah. Dan menjadikan STAIN Sorong sebagai perguruan tinggi yang terus maju dan berkembang seiring dengan program-program pemerintah Presiden Jokowi – Ma’aruf Amin periode 2019-2024 mendatang.

Oleh Suprandoko S.

Comments

comments

Related Post

Supran

Pranata Komputer Amatir Sorong, Papua Barat

Leave a Reply